bintang

Senin, 02 Mei 2011

kawasan wisata aceh

Aceh barat memiliki kawasan pantai yang paling indah di seluruh Provinsi Aceh. dan pantai ini langsung berhadapan dengan laut lepas Samudera Indonesia. Di beberapa tempat. pantainya berdinding tegak dipagari oleh bukti-bukti berhutan lebat. Pada sore hari. pantai Aceh barat menampilkan pesona yang sangat mengesankan karena merupakan daerah tempat tenggelamnya matahari.

Wisatawan yang melakukan perjalanan dari Banda Aceh ke selatan menyusuri pantai barat akan menikmati panorama pantai yang sangat indah dengan latar belakang pemandangan bukit-bukit yang ditutupi hutan. Pantai Samudera Indonesia yang berada di kawasan ini membentang dari utara ke selatan seolah tanpa pernah terputus. Menyusuri pantai barat Aceh ini mulai dari ibukota Banda Aceh berakhirnya di Singkil. kota yang terletak diujung paling selatan provinsi ini wisatawan bisa menikmati keindahan alam namun sayangnya belum di dukung infrastruktur yang baik.

Kota-kota disepanjang Pantai Barat ini adalah Calang, Meulaboh, Tapaktuan, Pulau Simeuleu, Teluk Jamin, Singkil dan Kepulauan Banyak. Ketika gempa dan tsunami menghantam Provinsi Nangroe Aceh Darussalam 26 Desember 2004 lalu kota-kota inilah yang mengalami kerusakan.

Calang adalah sebuah kota kecil yang terletak 140 Km selatan Banda Aceh dengan pantainya yang sangat bagus. Untuk menuju ke tempat ini. Anda dapat menumpang kendaraan bis umum dan Banda Aceh ke Calang-dengan waktu tempuh sekitar tiga jam.

Meulaboh berjarak 250 Km di selatan Banda Aceh yang dapat ditempuh dengan menggunakan bis umum. Dianjurkan untuk tidak berenang di pantai yang berada di de kat kota karena memiliki arus yang kuat dan berbahaya untuk tempat bermain. berenang di Meulaboh adalah di Lhok Bubon yang berada 16 Km utara
Meulaboh.

Tapaktuan terletak sekitar 200 Km di selatan Meulaboh dan merupakan kota terbesar di Aceh Selatan. Perjalanan ke Tapaktuan dari Banda Aceh ditempuh selama 8 jam dengan menggunakan kendaraan umum, namun orang umumnya lebih suka singgah dulu di Meulaboh (6 jam) sebelum melanjutkan perjalanan lebih ke selatan lagi.

Tapaktuan dapat digunakan sebagai pangkalan (basis) untuk melakukan eksplorasi ke kawasan Kluet 45 Km selatan Tapaktuan yang merupakan bagian dari wilayah Taman Gunung Leuser. Bagi mereka yang menyukai burung maka Kluet merupakan tempat yang bagus untuk melakukan pengamatan terhadap hewan tersebut. Pantai Tu`i Lhok yang berada 18 km utara Tapaktuan merupakan pantai yang paling bagus di kawasan Tapaktuan. Di dekat pantai ini terdapat sebuah air terjun kedl dimana wisatawan dapat mencud badan setelah berenang di laut. Air terjun yang lebih besar terdapat di Pantai Air Dingin yang berada di selatan Tu`i Lhok. sedangkan di daerah perbukitan antara terbangan dan tapak tuan terdapat satu tempat persinggahan yang begitu indah yang di namakan dengan jamboe hatta, sedangkan di daerah terbangan terdapat sebuah bukit yang indah yang dinamakan dengan gunung terbang. yang menurut sejarah gunung tersebut terbang darah alur paku ke terbangan tepat nya di sebuah desa kecil yang bernama ladang tuha atau yang lebih dikenal dengan sebutan pasie raja

Pulau Simeulu adalah pulau terpendl yang dikenal karena hasil perkebunannya yaitu eengkeh dan kelapa, selain itu tidak ada lagi yang dihasilkan dari pulau ini. Pulau yang berlokasi 150 Km dari lepas pantai Tapaktuan ini memiliki suasana yang tenang dengan penduduknya yang ramah. Untuk menuju ke pulau ini dapat menumpang kapal dari Meulaboh ke Sinabang atau pesawat udara tiga kali seminggu dari Medan via Meulaboh. Teluk Jamin adalah sebuah desa pantai yang terlerak 70 Km selatan Tapaktuan dan merupakan salah satu tempat keberangkatan untuk menuju ke Kepulauan Banyak. Untuk menuju ke tempat ini dapat menumpang bis urn urn yang banyak melewati Teluk Jamin dalam perjalan menuju ke Tapaktuan di utara dan Subulussalam dan Sidikalang di selatan.

Singkil adalah kawasan pelabuhan yang berada di mulut Sungai Alas. Sebagaimana Teluk Jamin maka Singkil merupakan pelabuhan utama bagi mereka yang akan berangkat menggunakan kapal menuju Pulau Banyak. Jika Anda ingin berangkat dengan kapal ke Pulau Banyak maka berarti Anda harus menginap di salah satu dari empat losmen yang terdapat di tempat ini yaitu: Indra Homestay, Harmonis, Purnama dan Favorit dengan tarif sekitar Rp 60.000.


by:geo pariwisata



0 komentar:

Posting Komentar